hikayat, oleh karena baik Yahya maupun Matius tidak
menyebutkan kenaikan Al Masih ke langit. Hanya Markus
dan Lukas yang membicarakannya
Bagi Markus (16, 19) Yesus "diangkat ke langit dan
duduk di kanan Tuhan." Waktunya pengangkatan itu dalam
hubungannya dengan kebangkitan tidak diterangkan, akan
tetapi perlu kita ingat bahwa akhir Injil Markus yang
mengandung kalimat-kalimat tersebut menurut R.P.
Rouguet tidak autentik, tetapi tambahan, walaupun
menurut Gereja kalimat-kalimat tersebut adalah Kanon.
Tinggal Lukas, satu-satunya pengarang Injil yang
menyebutkan hikayat Yesus naik ke langit (94, 51) dalam
satu teks yang tidak diperdebatkan, "Yesus berpisah
dari mereka, dan dinaikkan ke langit." Kejadian itu
diletakkan oleh Lukas pada akhir hikayat kebangkitan
Yesus dari kubur, dan penarnpakan dirinya kepada 11
sahabatnya. Perinci-perinci hikayat memberi kesan bahwa
kenaikan Yesus ke langit terjadi pada hari ia
dibangkitkan dari kubur.
Tetapi dalam Kisah Perbuatan Para Rasul, Lukas yang
dikira sebagai pengarangnya melukiskan (1, 2-3)
penampakan Yesus kepada para sahabat antara penyaliban
dan kenaikan ke langit sebagai berikut. "mereka itu
mempunyai bukti-bukti bahwa selama 40 hari Yesus
menampakkan diri kepada mereka dan berbicara dengan
mereka soal Kerajaan Tuhan." Paragraf dalam Kisah
Perbuatan Para Rasul adalah dasar untuk menentukan Hari
Besar Kristen, naiknya Al Masih ke langit, 40 hari
sesudah Paskah yang bersamaan dengan hari Kebangkitan
Yesus. Jadi hari Kenaikan Al Masih ditentukan dengan
menentang Injil Lukas. Tak ada teks Bibel lain yang
membenarkan penentuan hari tersebut.
Seorang Kristen akan merasa gelisah jika ia mengetahui
keadaan seperti tersebut, oleh karena kontradiksi yang
nyata. Terjemahan Ekumenik daripada Bibel, Perjanjian
Baru, mengakui fakta-fakta tersebut akan tetapi tidak
membicarakan kontradiksi, malahan merasa puas dengan
mengatakan bahwa 40 hari sangat berguna bagi Yesus
untuk menunaikan tugasnya.
Para ahli tafsir yang ingin menerangkan atau
menyesuaikan hal-hal yang tak dapat disesuaikan,
memberikan tafsiran-tafsiran yang aneh.
Ringkasan 4 Injil yang diterbitkan pada tahun 1972 oleh
Sekolah Bibel di Yerusalem memuat penjelasan yang lucu
(jilid II halaman 451). Dalam buku tersebut, kata-kata
kenaikan (ascension) dikritik: "Sesungguhnya tak ada
kenaikan dalam artikata fisik oleh karena Tuhan itu tak
ada di atas dan tak ada di bawah." Kita tak dapat
menangkap arti kritik ini, sebab Lukas tak dapat
menerangkan hal tersebut dengan cara lain.
Di lain fihak, pengarang komentar tersebut merasakan
adanya "tipuan bahasa" dalam kalimat "Dalam Kisah
Perbuatan Rasul-rasul, diterangkan bahwa kenaikan Al
Masih terjadi 40 hari sesudah dibangkitkan dari kubur."
"Tipuan bahasa," dimaksudkan untuk menekankan bahwa
periode penampakan diri Yesus di bumi sudah selesai."
Tetapi pengarang komentar tersebut menambahkan dalam
Injil Lukas "kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu
malam Paskah, dan oleh karena pengarang Injil Lukas
tidak menyebutkan perbedaan waktu antara
kejadian-kejadian yang diriwayatkan, setelah kubur
diketemukan kosong, pagi hari kebangkitan," "bukankah
ini juga merupakan tipuan bahasa untuk memberikan waktu
luang antara beberapa penampakan Yesus?"
Rasa kesal yang timbul daripada interpretasi seperti
ini nampak jelas dalam karangan R.P. Rouguet yang
membedakan dua macam kenaikan ke langit. "Kenaikan
Yesus ke langit, dilihat dari pandangan Yesus, terjadi
pada waktu yang sama dengan kebangkitannya dari kubur,
akan tetapi dilihat dari pandangan para murid-muridnya,
hal tersebut hanya terjadi setelah Yesus tidak lagi
menampakkan diri kepada mereka, agar Ruhul Kudus dapat
diutus kepada mereka dan agar zaman Gereja dapat
mulai."
Bagi pembaca yang kurang dapat merasakan kerumitan
pembahasan teologi dalam argumentasi di atas, atau
tidak punya dasar pengetahuan tentang Bibel, pengarang
menyampaikan peringatan umum terhadap permainan bahasa
yang bersifat apologetik.
"Di sini, sebagaimana dalam kasus-kasus serupa,
persoalan tidak akan dapat dipecahkan kecuali jika
orang memahami secara harafiah dan material segala yang
tersebut dalam Injil, dengan melupakan arti
keagamaannya. Kita tidak menafsirkan fakta-fakta dengan
simbol-simbol yang tidak konsisten, tetapi kita mencari
maksud teologi daripada mereka yang mengungkapkan
rahasia kepada kita dalam meriwayatkan fakta-fakta,
dalam alamat-alamat yang sesuai dengan sifat jiwa yang
condong kepada godaan-godaan badaniyah.
--------------------------------------------------------------------------------
BIBEL, QUR-AN, dan Sains Modern
Dr. Maurice Bucaille
Judul Asli: La Bible Le Coran Et La Science
Alih bahasa: Prof. Dr. H.M. Rasyidi
Penerbit Bulan Bintang, 1979
Kramat Kwitang I/8 Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar