Suatu contoh besar daripada khayalan telah kita
sebutkan mengenai Injil Matius dengan hikayatnya
tentang fenomena-fenomena aneh yang membarengi kematian
Yesus. Kejadian-kejadian yang terjadi sesudah
kebangkitan Yesus dari kubur memberi bahan kepada
hikayat-hikayat yang berkontradiksi dan aneh yang
tersebut dalam empat Injil.
R.P. Rouguet dalam bukunya "Pengantar kepada Injil"
halaman 182 memberikan contoh tentang hal-hal yang
campur baur, tidak urut dan kontradiksi yang terdapat
dalam Injil
"Daftar nama wanita-wanita yang datang ke kubur tidak
sama dalam ketiga Injil Sinoptik. Dalam Injil Yahya,
hanya disebutkan seorang wanita bernama Maria
Magdalena. Tetapi ia bicara memakai kata 'kami' seperti
ia mempunyai teman, "kami tidak tahu dimana mereka
menaruhnya (jenazah Yesus)." Dalam Injil Matius,
malaikat berkata kepada para wanita bahwa mereka akan
melihat Yesus di Galile. Dan, sekejap mata sesudah itu
Yesus datang menemui mereka dekat kubur. Lukas
merasakan kesulitan, kemudian mengatur sumbernya
sedikit. Malaikat berkata, "Kamu ingat Yesus telah
bicara kepadamu waktu ia masih berada di Galile." Dan
Lukas hanya menyebutkan bahwa Yesus menampakkan diri
hanya tiga kali. Yahya mengatakan antara penampakan
pertama dan kedua ada perbedaan 8 hari, yaitu di suatu
kamar makan di Yerusalem. Penampakan yang ketiga kali
terjadi dekat danau, jadi di Galile. Matius hanya
menyebutkan penampakan sekali, yakni di Galile. R.P.
Rouguet tidak membicarakan bagian terakhir daripada
Injil Markus, yaitu bagian yang menyebutkan
penampakan-penampakan Yesus, oleh karena ahli tafsir
Injil tersebut berpendapat "tidak ada keragu-raguan
bahwa bagian tersebut tidak ditulis oleh Yahya tetapi
oleh tangan lain."
Kejadian-kejadian tersebut adalah berkontradiksi dengan
hikayat penampakan-penampakan Yesus yang dimuat dalam
surat pertama Paulus kepada orang-orang Korintus (15,
5-7) yaitu penampakan kepada 500 orang sekaligus,
kepada Jack, kepada para rasul dan kepada Paulus
sendiri.
Kita heran karena R.P. Rouguet dalam buku itu juga
mengecam: "Khayalan yang aneh dan kekanak-kanakan dalam
Injil-Injil apokrif mengenai kebangkitan Yesus."
Bukankah kata-kata tersebut lebih cocok jika
dilontarkan kepada Matius dan Paulus, yang sangat
kontradiksi dengan pengarang-pengarang Injil iainnya
mengenai penampakan diri Yesus yang sudah-dibangkitkan
dan kubur.
Selain itu ada lagi kontradiksi antara "Perbuatan para
rasul" karangan Lukas mengenai penampakan diri Yesus
kepada Paulus, dan apa yang diceritakan oleh Paulus
sendiri secara singkat. Hal ini telah mendorong R.P.
Kannengiesser, untuk menulis dalam bukunya: Foi en la
Resurrection, Resurrection de la foi, 1974 (Iman Kepada
Kebangkitan Yesus, Kebangkitan Iman) sebagai berikut:
"Paul, satu-satunya saksi mata tentang kebangkitan
Yesus dari kubur, yang suaranya telah sampai kepada
kita langsung melalui tulisan-tulisannya, tidak pernah
membicarakan tentang pertemuan pribadi dengan Yesus,
kecuali tentang tiga isyarat yang terpisah-pisah. Lebih
baik ia tidak menyebutkannya."
Kontradiksi antara Paulus, satu-satunya saksi mata,
tetapi yang dicurigai di satu pihak dan Injil-Injil di
lain pihak, adalah jelas. O. Culmann dalam bukunya:
"'Perjanjian Baru" perhatian kita kepada kontradiksi
antara Lukas dan Matius. Lukas mengatakan bahwa Yesus
menampakkan diri di Yudea, Matius mengatakan hal
itu-terjadi di Gilile. Mengenai kontradiksi antara
Lukas dan Yahya, kita harus ingat bahwa hikayat yang
ditulis oleh Yahya (21, 1-14) mengenai Yesus yang sudah
bangkit dari kubur menampakkan diri di pinggir danau
Tabaria kepada nelayan-nelayan, dan kemudian para
nelayan itu mendapatkan ikan begitu banyak sehingga
mereka tak dapat membawanya, hikayat tersebut adalah
ulangan daripada hikayat mencari ikan yang ajaib di
tempat yang sama, tetapi waktu Yesus masih hidup; dan
hikayat itu ditulis oleh Lukas (5, 1-11).
Mengenai penampakan diri Yesus, R.P. Rouguet, dalam
bukunya, meyakinkan kita, bahwa "terputus-putusnya
kaitan, tidak adanya keseragaman dan tidak teraturnya
hikayat-hikayat itu, memberikan kepercayaan kepadanya.
Oleh karena fakta-fakta tersebut membuktikan bahwa para
pengarang Injil tidak bekerja sama; kalau tidak begitu
tentu mereka dapat menyesuaikan riwayat masing-masing.
Pemikiran semacam itu adalah aneh. Sesungguhnya semua
penulis Injil itu dapat meriwayatkan secara jujur
sepenuhnya segala tradisi yang sudah dijadikan roman
oleh masyarakatnya secara tidak sadar; mengapa tidak
terdorong untuk membuat hipotesa ini sesudah berhadapan
dengan kontradiksi dan kekeliruan yang begitu banyak
dalam mengkaitkan kejadian-kejadian.
--------------------------------------------------------------------------------
BIBEL, QUR-AN, dan Sains Modern
Dr. Maurice Bucaille
Judul Asli: La Bible Le Coran Et La Science
Alih bahasa: Prof. Dr. H.M. Rasyidi
Penerbit Bulan Bintang, 1979
Kramat Kwitang I/8 Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar